Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

29 Juli 2015

, , , , , , , , , , ,

Europe in Kobe: Kitano-cho

Share


"What's the point of going to a destination that didn't represent itself?"




Someone might ask that if I suggest this place to visit while in Kobe. Kenapa? Karena area ini memang tidak merepresentasikan Jepang, justru bangunan-bangunan dan jalanan yang ada di Kitano-cho, Kobe ini mengingatkan pada kota-kota kecil di Eropa, dengan bangunan gaya Eropa dari berbagai masa.


Meski jauh dari kesan "Jepang," Kitano-cho tetap menarik untuk dikunjungi. Sebagai pusat Hyogo Prefecture, Kobe merupakan area yang terbuka terhadap pendatang. Di masa awal abad 19, pendatang dari Eropa banyak yang berdiam di area di utara Kobe dan membangun tempat tinggal dengan gaya Eropa sehingga Kitano-cho menjadi sisi Eropa di Kobe dan cukup populer sebagai destinasi turis domestik Jepang sendiri.


Kitano-cho disebut juga Kitano Ijinkan Area, sesuai namanya "ijinkan" berarti rumah para pendatang, dan hingga kini disebut dengan nama Kitano Ijinkan. Bahkan beberapa jalan disebut dengan tambahan "ave" atau "street" seperti nama jalanan di Eropa.

Membentang dari utara Sannomiya, ada banyak spot menarik di Kitano-cho, here are some of places you might want to take a look while in Kitano-cho:

Kazami Dori no Yakata


Rumah ini merupakan rumah yang paling mencolok di area Kitano Ijinkan. Dengan warna merah bata dan arsitektur yang mengkombinasikan German Style dan Art Nouveau, Kazami Dori no Yakata atau former Thomas Residence telah menjadi aset kultural Jepang sejak tahun 1978.


Kazami Dori no Yakata dibangun pada tahun 1909 oleh Godfried Thomas, seorang pedagang Jerman untuk menjadi rumah pribadinya.

Harga tiket masuk: 500 Yen (jika digabung dengan tiket masuk ke Moegi no Yakata menjadi 650 Yen)
Opening Hours: 9 am to 6 pm

Moegi no Yakata


Rumah yang berada di sisi lapangan ini berwarna hijau pucat. Dahulu rumah ini adalah kediaman Hunter Sharp, mantan US Consul General di Kobe.

Harga tiket masuk: 350 Yen (jika digabung dengan tiket masuk ke Kazami Dori no Yakata menjadi 650 Yen)
Opening Hours: 9 am to 6 pm
Kitano Tenmangu Shrine


Kuil ini yang membuat Kitano-cho tetap memiliki rasa Jepang. Berada di dekat Kitano-cho Plaza dan Kazami Dori no Yakata, gerbang khas (Torii) sudah terlihat di depan persis dari pertigaan di area utara Kitano.



Yang menarik, Kitano Tenmangu Shrine ternyata adalah "cabang" dari Kitano Tenmangu Shrine di Kyoto. Di tahun 1180 saat Taira No Kiyomori memindahkan ibukota dari Kyoto ke Kobe, ia meminta izin untuk mendapatkan perlindungan dengan membangun kuil di Kobe (dahulu disebut Fukuhara no Miyako), Kitano Tenmangu Shrine kemudian dibangun dan area ini diberi nama Kitano.



Untuk naik ke kuil kita mesti menaiki tangga melewati Torii gate dan kemudian ada bangunan di level kedua. Torii gate merah dan area sembahyang ada di area paling atas, yang berarti kita mesti menaiki tangga lagi.



Tidak ada admission fee untuk memasuki area Kitano Tenmangu Shrine, namun selalu ingat untuk menghargai warga Jepang yang sedang beribadah. Saat saya datang ada rombongan turis Asia yang sangat berisik dan bahkan berteriak-teriak, padahal ada warga lokal yang sedang bersembahyang di shrine ini (If only I can slap them in the face, sigh).

Shops and Ice Cream


Jangan lupakan toko-toko yang ada di area Kitano-cho, mulai dari pakaian, gantungan kunci hingga rajutan ala Eropa (but maybe this is not the kind of souvenir you want from Japan but it's still fun for window shopping)


So what's the point of going to a destination that didn't represent itself?


What's the point of asking that? Just go and explore and enjoy, and by the way, Kitano represent a bit of Kobe's history also :)

@marischkaprue - there are no complicated terms and conditions of what her destinations should be

Photo by Ferry Rusli

NOTES:

Where

Kitano-cho atau Kitano Ijinkan Area berada di sisi utara Kobe, Hyogo Prefecture, Jepang.

Nearest Station

JR Sannomiya Station, Sannomiya Station, Hankyu Kobe Sannomiya Station.

How to Get There

From Osaka: Dari Osaka Station naik JR Special Rapid Service (departure track No. 4) atau JR Kobe Line Rapid Service (departure track No. 5) ke JR Sannomiya. Waktu tempuh 23 atau 28 menit. Harga tiket 410 Yen.

Click for larger picture
From JR Sannomiya: by taksi (sekitar 900-1100 Yen), by Bus (City Loop Bus di Bus Stop No. 7) dengan rute dari Sannomiya Station ke Kitano Meister Garden, Kitanozaka Ave, Rhine House (berhenti di Bus Stop No. 10- Kitano Ijinkan). 
Dari sini anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 10 menit hingga ke Kitano Tenmangu Shrine dan berkeliling Kitano-cho. Untuk kembali ke Stasiun JR Sannomiya, naik bus dari Bus Stop No. 10, berhenti di Bus Stop No. 13 (Sannomiya Station arah South). 
Tarif City Loop Bus 260 Yen per ride (untuk anak-anak 130 Yen per ride), namun lebih baik beli 1 Day Pass seharga 660 Yen (untuk anak-anak 330 Yen) agar bebas naik City Loop Bus seharian. 
One Day Pass ini dijual di City Loop Bus, Kobe Information Center (Sannomiya) dan Tourist Information Office (Shin-Kobe).

4 comments:

Vonny mengatakan...

Bagus2 banget rumahnya kak :D anyway, happy belated birthday kak Prue!

VONNYDU

Unknown mengatakan...

Aku tau turis asia yg teriak2 itu dari mana hahaha

fanny fristhika nila mengatakan...

cakeepppnyaa...kenapa ya org2 kaya yg di jkt aja deh, kalo bngun rumah g ada yg berseni begini ;p. Rata2 pasti cm mw rumah yg gede doang dan modern :D

nonton flim online mengatakan...

waoh..benar2 sangat indah lah gambar2 rumah ini boss..
mantap informasinya boss..
salam kenal boss.