Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

2 Mei 2013

, , , ,

Kubah Kayu di Waitomo

Share


Terkadang kita datang ke satu tempat yang hanya jadi persinggahan, namun ternyata persinggahan itu menarik bagi kita, membuat kita menikmati setiap momen dan detail di lokasi yang bukan jadi tujuan utama kita.

Saat tahu saya akan ke New Zealand, satu hal di pikiran saya: Glow Worm Cave. Gua yang penuh dengan ulat bercahaya, yap benar, di gua yang disebut sebut ini konon dipenuhi ulat yang memancarkan cahaya hijau, membuat gua menjadi seakan penuh bintang hijau jika dari foto foto yang saya lihat.

Dan kemudian gua inilah salah satu tujuan utama, saya menaruhnya di must visit list, tanpa kecuali. No matter what, whatever it takes, I must visit the cave.

Sebelumnya saya membayangkan mungkin gua penuh keindahan ini letaknya terpencil, jauh dan perlu usaha ekstra untuk mencapainya. Berjarak 202 kilometer, atau sekitar dua setengah jam perjalanan dengan berkendara dari Auckland, Waitomo ternyata pilihan yang mudah bagi siapapun yang mendatangi Northern Island New Zealand, termasuk saya.

Ada beberapa opsi untuk menikmati Glow Worm Cave: yang sedikit sulit yaitu dengan rafting, atau yang mudah dengan berjalan kaki dan menaiki perahu. Jika memilih opsi yang mudah, pasti anda akan datang terlebih dahulu ke Waitomo Glow Worm Caves Visitor Centre, karena salah satu area masuk gua adalah dari bagian belakang visitor centre ini.

Bagian depan visitor centre
Bangunan langsung berbatasan dengan rimbunnya pohon
Kubah dari rangka kayu

Namun ternyata bangunan visitor centre Waitomo Glow Worm Caves menarik perhatian saya, dan mungkin turis turis lain yang saya lihat terus memperhatikan detail atap bangunan ini.  Dibangun dengan material kayu timber, visitor centre ini memperlihatkan struktur seperti kubah besar di bagian atas, dengan atap kayu kayu yang bersilangan.




Cafe di Waitomo Glow Worm Cave Visitor Centre
Saya menikmati berjalan di atas lantai yang semuanya terbuat dari kayu ini, masuk ke area dalam dan melihat rimbunnya pepohonan yang seakan menyatu dengan area restoran di visitor centre ini.

Bangunan ini bahkan memenangkan penghargaan di Timber Design Awards sebagai The Architecture Commercial Engineering Excellence & The Clever Solution Awards di tahun 2010 dan saya tidak heran melihat indahnya bangunan ini.

Angus beef burger


Ada satu cerita lagi dari visitor centre ini. Dahulu bangunan visitor centre sebelumnya rusak karena gempa di tahun 2005 sehingga dibuatlah visitor centre yang baru. Kadangkala memang kerusakan, atau hal buruk akhirnya bisa menimbulkan hal baru yang indah. Saya menikmati momen makan dan bersantai disini sambil terkadang beberapa burung kecil terbang dekat, mungkin mereka melirik isi piring saya :)

@marischkaprue - Architect of her own future

Photos by Ferry Rusli

NOTES:
  • Waitomo Glow Worm Caves Visitor Centre, sekaligus jalan masuk Glow Worm Cave ada di 39 Waitomo Caves Road, Waitomo. Phone +64 78788228, info lebih lanjut disini.
  • Nikmati waktu bersantai di Waitomo Glow Worm Visitor Centre setelah mengunjungi gua, saat sore cahaya matahari masuk dari kubah dan sela sela bangunan, memberi efek yang menyenangkan.
  • Untuk bersantai di Waitomo Visitor Centre tidak perlu membayar, namun untuk masuk ke dalam Glow Worm Cave harus membayar tiket seharga 48 NZD (New Zealand Dollar) untuk dewasa, 21 NZD untuk anak anak, atau paket satu keluarga (2 orang tua dan 2 anak) seharga 115 NZD.
  • Kalau makan di Glow Worm Cave Visitor Centre, terkadang burung burung kecil sering mendatangi, saya memberi butiran roti di pinggir meja saya dan mereka berani mendatangi dan makan, sayangnya mereka kabur sebelum sempat difoto :)
  • Cek harga tiket ke New Zealand melalui Wego disini. Ada beberapa opsi ke Auckland, antara lain melalui Kuala Lumpur atau Singapura.
RELATED STORIES:


1 comments:

Turis Cantik mengatakan...

What an amazing trip prue...so very nice!