Copyrights @ Journal 2014 - Designed By Templateism - SEO Plugin by MyBloggerLab

31 Oktober 2012

, , , , , , , , ,

Belitung Timur: Hidden Underwater Colors

Share


Belitung Timur belum jadi tujuan utama wisata bawah laut, informasi mengenai spot spot diving dan referensi apa saja yang bisa ditemukan saat menyelam sangat minim.

Saat saya melakukan perjalanan ke Belitung Timur, saya tidak punya ekspektasi tinggi akan wisata bawah lautnya meski saya sudah persiapkan alat selam dasar.

Di hari penyelaman, cuaca kurang bersahabat. Dari Manggar saya menggunakan kapal kayu menuju lokasi penyelaman. Goncangan saat menuju pulau Siadong terasa di kapal, saya memilih posisi di depan, meski goncangan lebih terasa namun pemandangan indah laut membuat saya tidak memperdulikan kapal yang berguncang.

Usai persiapan, kami langsung turun di lokasi dekat pulau Siadong yang berada di area timur Kecamatan Manggar. Karena cuaca mendung, kami memutuskan untuk menyelam di kedalaman 10 hingga 15 meter saja untuk mendapatkan visualisasi yang jelas.






Ternyata kondisi coral di area ini sangat baik. Sekitar 80% area yang saya selami tertutup hard coral beraneka jenis, ditambah visibility (jarak pandang) yang baik sekitar 15 meter, meski cuaca sedang mendung.

Table coral mendominasi banyak area, diselingi dengan rentetan brancing coral, brain coral dan berbagai jenis acropora lainnya. Gugusan terumbu karang di area Siadong cenderung flat, dengan slope jika menginginkan kedalaman yang lebih.





Namun area penyelaman saya cukup minim soft coral, kami hanya menemui sedikit soft coral di area yang didominasi coral jenis brain dan branching.

Juvenile Clam
Red and Black anemone fish
Spotted sweetlips yang satu ini terus menerus menghindari saya :)
Saya menemui kima (kerang) berwarna biru di tengah great star coral, spotted sweetlips yang beberapa kali kabur menghindari bidikan kamera saya, dan satu red and black anemone fish di antara bubble tip anemone. Berbagai ikan jenis glassfish, yellow tail memenuhi sebagian area gugusan terumbu karang.

Satu spot yang saya selami ini ternyata cukup baik dan menarik, memang belum ada endemik khusus yang ada di Belitung Timur, mungkin perlu ada pengumpulan data terlebih dahulu, apalagi spot spot diving yang ada belum dikumpulkan dan di release untuk turis dengan tujuan wisata bawah laut.

soft coral
Saya masih sibuk ambil gambar sebelum naik ke permukaan :)
Bagi divers pemula, saat masuk ke area penyelaman di Siadong, turun ke kedalaman harus dilakukan perlahan, karena area bawah penuh tertutup coral agar tidak merusak karang yang yang ada. Namun, visibility, kekayaan coral dan warna warni bawah laut Belitung Timur layak dicoba untuk diselami :)

Saya berharap pengelolaan wisata bawah laut area Belitung Timur diberi perhatian lebih, dive center perlu dibangun, kelengkapan alat mesti tersedia, prosedur dan dive guide juga mesti jadi perhatian untuk mengangkat wisata bawah laut. Sayang keindahan seperti ini kalau tidak bisa dinikmati banyak pecinta laut :)

Btw, kalau mau lebih nikmatin suasana bawah laut Belitung Timur ada di video ini, enjoy!


@marischkaprue - a human with a pair of fins and a heart for the underwater world

Thanks to:

- Pemda Belitung Timur for inviting me, saya tunggu realisasi komitmen untuk mengembangkan wisata bawah laut yaaaa
- Mas Adi Guna yang sudah jadi dive guide plus temen ngobrol saya di Beltim.

Note:
- Untuk yang mau diving, bisa dibantu sementara oleh Pemda di 0719-92200063 untuk informasi dive guide, alat dan boat atau email ke disbudparbeltim@yahoo.co.id
- Rekomendasi hotel: Puri Indah Jl Pegadaian No 99, Manggar, telp: 0719-91423/91442
- Untuk ke Belitung Timur dari Jakarta ambil tiket Jakarta - Tanjung Pandan, lalu sewa transportasi ke Manggar (perjalanan hanya sekitar satu jam), dari Manggar silahkan berkeliling, anda sudah ada di pusat wisata Beltim :)
 - Harga tiket variasi tergantung musim, tapi kalo ke Tanjung Pandan pastinya jauh lebih murah dibanding ke Indonesia Timur, harga sewa transport dll bisa contact langsung ke penyedia jasa
- Bantuan travel agent ada beberapa pilihan: Mandiri Anie Sejahtera 0719-91615, Atim 0719-91041, Wisata Afat 0719-91062, Barokah 0719-91493, www.belitungisland.com cp: 0719-22890.

RELATED STORIES:

6 comments:

Kuz9 mengatakan...

fotonya keren2.

Fahroel mengatakan...

Sedaaap, bikin ngilerr rrrrr

Unknown mengatakan...

Patut di coba... :)

Iqbal mengatakan...

Kerennnn baru mau otw kesana

Iqbal mengatakan...

Kerennnn baru mau otw kesana

Adjeng Praja mengatakan...

Fotonya bagus, menggunakan kamera apa?